[email protected] +62 852-6976-7610
Kelebihan & Kekurangan Jersey Sublim Printing June 14, 2021 - BY Admin

Kelebihan & Kekurangan Jersey Sublim Printing

Printingsublim.com, Kelebihan Dan Kekurangan Jersey Sublim Printing - Beberapa tahun terakhir ini muncul metode cetak Jersey dengan sublim/sublime printing. Cara ini memang belum terlalu banyak digunakan jika dibandingkan dengan cara sablon manual.


Mengenal Printing Sublime


Sublim/sublime printing merupakan cara cetak yang mengambil gambar dari digital atau file, dan kemudian dapat langsung dicetak di berbagai macam media. Sedangkan untuk kaos, tentunya pemindahan desain dilakukan dari kertas ke kain dengan menggunakan mesin printer khusus serta tinta khusus pula.


Media transfer yang biasanya digunakan ialah kertas inkjet, kertas HVS, transfer print, kertas double matte, atau kertas khusus sublimation. Untuk mencetaknya pun, desain dibuat secara terbalik dulu atau mirror sebelum kemudian dipasangkan di media yang akan dicetak.


Untuk teknik sublime ini seringkali dipakai untuk cetak kain. Caranya yaitu dengan penggunaan kertas transfer paper roll to roll atau disebut juga dengan mesin printing kain. Kertas tersebut kemudian dirolling di atas kain yang akan disublime dengan panas suhu minimal 200 derajat celcius.


Jangan bayangkan jika cara cetak ini print langsung di atas bahan kaos, sehingga kualitas serta kekuatan kaos ditentukan dari jenis tinta, kekuatan heat press, serta jenis media transfer yang dipergunakan.


Berikut Adalah Kelebihan dan Kekurangan Jersey Printing :


Setiap cara segala sesuatu pastinya ada kelebihan serta kekurangannya, dan berikut ini adalah beberapa kelebihan dari sublim/sublime printing.


Warna Lebih Variatif

Warna yang dihasilkan oleh print sublim ini lebih variatif dan lebih banyak. Hal ini karena pembauran tinta dilakukan secara digital, bukan secara manual lewat sablon.


Lebih Cepat

Ingin mencetak kaos dengan lebih cepat, maka cara print sublim ini pun bisa menjadi pilihan. Hal ini karena proses pengerjaannya lebih cepat dikarenakan menggunaan transfer paper.


Cepat Kering

Penggunaan alat press digital dengan proses pengepresan bersuhu tinggi akan membuat tinta lebih cepat kering dbandingkan dengan cat sablon yang butuh pengeringan cukup lama.


Pesanan Satuan

Berbeda dengan cetak sablon yang digunakan untuk pemesanan partai besar maka untuk sublim print bisa digunakan untuk cetak kaos satuan.


Full Printed

Dengan penggunaan sublim print. Maka kaos bisa didesain full printed dengan sangat mudah.


Kekurangan Jersey Printing Sublim

Selain memiliki kelebihan, penggunakan teknik sublim print ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:


Bahan Kaos Hanya Polyester

Bahan kaos yang bisa digunakan hanya polyester seperti PE dan jersey.


Lebih Mahal

Karena adanya penggunaan tinta dan kertas khusus maka menjadikan biaya produksi lebih mahal, sehingga harga konsumennya pun juga mahal.


Tidak Untuk Low Budget

Apabila ingin membuat kaos dengan low budget maka jangan menggunakan teknik sublim print ini karena biaya produksinya mahal.


Memilih teknik sublim printing atau tidak, tentunya menjadi hak masing-masing individu. Namun tentunya harus mengetahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya seperti yang sudah dijabarkan di atas. Penggunaan teknik ini tentunya menjadi inovasi tersendiri di industri cetak kaos, karena menawarkan solusi untuk mendapatkan kaos printing dengan lebih cetak, desain lebih variatif, warna lebih beragam, serta dapat memilih untuk dicetak berapapun, bahkan satu kaos pun bisa. Terimakasih sudah membaca artikel kelebihan dan kekurangan jersey printing.


Nah, buat anda yang sedang mencari jasa pembuatan kaos atau jersey dengan teknik sublim/sublime printing, anda bisa datang ke SBJ Industries, sebuah perusahaan jasa printing yang sudah ada sejak 2019.


Berlokasi di : Komplek Mega Regency, Kav 157. Jl. Raya Cikadut, Bandung, Jawa Barat., atau di Instagram: @printingsublim_bdg