[email protected] +62 852-6976-7610
Ini dia Perbedaan Tinta Sublim Dan Tinta DTG June 18, 2021 - BY Admin

Ini dia Perbedaan Tinta Sublim Dan Tinta DTG

Printingsublim.com, Ini dia Perbedaan Tinta Sublim Dan Tinta DTG - Saat ini sudah banyak sekali bisnis digital printing yang menggunakan sablon DTG (Direct To Garment), karena harganya yang murah dan proses pembuatannya yang cepat. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara tinta sublim dan tinta DTG, serta kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Berikut adalah sekilas informasi perbedaan tinta sublim dan tinta DTG sehingga kita bisa mengetahui tinta apa yang dibutuhkan untuk membuat produk yang ingin dibuat :

Tinta sublim

Tinta sublim adalah tinta yang digunakan untuk sablon kaos/kain. Tinta ini hanya khusus untuk Printer EPSON, dengan menggunakan kertas HVS, Photo, Inkjet, Double Matte dan sebagainya. Jadi yang memtransferkan ke kaos adalah dari tintanya. Setting print menggunakan Mirror. Jadi, Disini kertas hanya sebagai perantara untuk bantuan pemindahan hasil cetakan sablon. Jenis tinta sublim ada 2 , yaitu Tinta Sublim China dan Korea. Perbedaan antara Sublim China dan Korea adalah kualitas tinta yang terpindah ke media pada saat pengepresan, jika Sublim China hanya 60 – 70 %, Sublim Korea bisa mencapai 80 – 90 %. Selain itu media yang terbaik untuk Tinta Sublim Korea adalah pada media Mug. Hasilnya akan lebih tajam dan cerah. Berikut adalah keunggulan dari tinta sublim:

  • Hasil Sablon bisa diseterika secara langsung
  • Digunakan untuk mencetak di Mug, Logam Plat, Keramik Dll
  • Lebih ekonomis dan efesien.

Tinta DTG

Tinta Textile atau Tinta DTG adalah Tinta yang khusus digunakan untuk Printer DTG. Dengan Formula Khusus Anti Buntu sehingga sangat ramah dengan Head Printer anda terutama dengan Head Printer Type Micro Piezzo. (Type Head Printer EPSON dan BROTHER). Tinta Textile DTG dapat menyerap dengan sempurna pada permukaan kaos atau kain dengan baik, terutama pada bahan garment seperti baju, kaos, jaket, kain polyester, kain cotton (katun) combed atau carded, handuk, kain satin dan kain TC. Tinta Textile DTG telah lolos uji coba pencetakan pada media kaos dan di cuci lebih dari 100x dengan mesin cuci atau dengan tangan dan terbukti warna pada kaos tetap cerah, tajam, halus dan tidak luntur. Berikut adalah keungulan dari tinta DTG:

  • Tinta Textile DTG berkualitas impor dan Dapat digunakan pada semua jenis printer DTG.
  • Di desain khusus untuk Printer DTG, sangat ramah pada Head Printer DTG. Terutama pada Head Tipe Micro Piezzo (Jenis Head Epson Atau Brother).
  • Dapat menyerap di serat kain dengan sempurna, Dapat mencetak pada semua jenis kain garment. Seperti : (baju, kaos, jaket, kain polyester, kain cotton (katun) combed atau carded, handuk, kain satin dan kain TC). Hasil cetakan lebih halus, tajam, cerah dan tahan luntur. Tinta cepat Kering  jadi dapat langsung digunakan.